Kerajinan tangan asal sulawesi tenggara dan penjelasannya

Kerajinan tangan asal sulawesi tenggara dan  penjelasannya.Pesona alam serta budaya sulawesi tenggara tidak kalah indahnya dengan daerah lainnya pada indonesia. Banyak dijadikan pilihan sebagai destinasi wisata, sulawesi tenggara poly membentuk aneka macam macam kerajinan tangan yang jua tidak kalah unik menggunakan karakteristik khas sulawesi tenggara.
Kerajinan tangan asal sulawesi tenggara
Kebudayaan serta jua kerajinan tangan penduduk setempat sangat berkaitan. Berikut ini beberapa kerajinan tangan spesial   sulawesi tenggara yg paling banyak diburu para wisatawan.

1. Kain tenun buton
Kerajinan tenun berasal kabupaten buton, sulawesi tenggara adalah kerajinan tenun lainnya yang tidak kalah cantiknya. Tenun buton jua kaya akan warna-rona.Inilah yang sebagai kekhasan kerajinan tenun berasal buton. Berasal sekian motif dan  warna yg dihasilkan penyebutannya selalu disesuaikan dengan penngamatan alam menggunakan mengunakan nama-nama wilayah dari berbagai jenis tumbuhan yang ada pada pulau buton sang warga  buton.
Kain tenun buton
Kerajinan tenun ini disebut mampu menjadi perekat sosial bagi rakyat buton, karena tenun buton adalah pengejawantahan orang-orang buton tahu lingkungan alamnya. Alat musik tradisonal sulawesi tenggara bisa anda jadikan sebagai info tambahan.

2.Kain tenun khas kendari
Serupa mirip wilayah pada indonesia lainnya, sulawesi tenggara ada jua batik tenun yg bernama motif tolaki. Batik tenun tolaki ini adalah primadona kain tenun spesial   sulawesi tenggara. Motif tolaki ini mempunyai karakteristik spesial   benang emas yg membentuk garis halus serta terdapat aksen bunga mungil-kecil.
Kain tenun khas kendari
Motif yg terkenal pada masyarakat tolaki adalah ragam hias mua. Dan  pewarnaannya mencakup jingga muda, biru bahari, kuning susu serta merah samar. Hingga  saat ini tradisi menenun masih berkembang sebab kecintaan masyarakatnya terhadap kain tradisional tersebut. Sandang istiadat sulawesi tenggara mampu dijadikan sebagai berita tambahan.

3. Kerajinan gerabah
Kerajinan gerabah
Penduduk lokal sulawesi tenggara jua memproduksi kerajinan gerabah. Kerajinan jenis ini mampu anda lihat pada wilayah lipu bau-bau buton. Kerajinan gerabahini  adalah jenis usaha kecil (yang dijalankan sang keluarga) yang membuat aneka periuk, vas bunga, wajan serta alat-alat rumah tangga lainnya.

4. Kerajinan perak kendari
Kendari artinya bunda kota berasal sulawesi tenggara yg sangat terkenal dengan kerajinan peraknya. Kerajinan perak kendari sudah terkenal akan keindahan keanggunan serta kehalusannya. Yg tidak kalah dengan beberapa sentra kerajinan perak pada indonesia misalnya .Konon cerita asal penduduk lokal bahwa motivasi kerajinan perak di kendari ini diawali menggunakan mengamati seekor untung-laba  sedang menghasilkan sarangnya, menggunakan sebuah jarum dan  benang perak mulailah dirancang segala bentuk hiasan.
Kerajinan perak kendari
Bingkai-bingkai perak dan  mengisinya dengan jaringan benang perak yg halus.Kemudian perhiasan diciptakan berbentuk bunga anggrek, mawar atau bahkan sarang untung-untung. Jua bentuk-bentuk yg lebih akbar, serupa kapal layar, cerek dan  lain sebagainya.

5. Kerajinan gembol ukir
Kerajinan gembol ukir
Rakyat kendari, mengenal kerajinan gembol sebagai kerajinan tumor kayu. Bahan dasar dari kerajinan ini diambil dari apar kayu yang menyerupai benjolan tumor di manusia. Bahan-bahan tadi umumnya diperoleh asal aneka pohon akbar yang tumbuh di provinsi sulawesi tenggara

6. Panamba
Panamba
Panamba adalah salah  satu kerajinan khas buton yg masih tidak cukup dikenal. Panamba kerajinan tudung saji yang tidak kalah menarik dengan kerajinan spesial   sulawesi tenggara lainnya.Walaupun tidak poly pegarajinnya, panamba dapat ditemukan yg pada kelurahan melai kecamatan murhum kota baubau.

Kerajinan tudung saji tradisional panamba ini umumnya digunakan oleh rakyat buton menjadi epilog talang pada program-acara budaya serupa pekakande-kandea.Pembuatan kerajinan tudung saji tradisional panamba, tersebut berbahan dasar berasal daun ketua tua kemudian dirajut sampai membentuk akibat karya yg sangat latif sekali.

7. Berbagai pernak-pernik dekorasi tempat tinggal  
Tak hanya tenun serta kerajinan perak, di kota kendari toppers jua mampu menemukan banyak produk dekorasi tempat tinggal   menarik yang bisa dijadikan buah tangan spesial   kendari yg menarik.
Berbagai pernak-pernik dekorasi tempat tinggal
Biasanya, oleh-oleh spesial   kendari ini bertemakan laut serupa miniatur pesiar kerajinan-kerajinan dari kerang dan  pernak-pernik spesial   kawasan pesisir lainnya.

Itulah beberapa kerajinan khas sulawesi tenggara yang sangat menarik. Selain sebagi mata pencaharian penduduk lokal, kerajinan tradisional ini artinya warisan budaya leluhur yg patut untuk dilestarikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel