Kerajinan tangan dari sulawesi barat dan penjelasannya

Kerajinan tangan dari sulawesi barat dan  penjelasannya-Setiap daerah yang terdapat di indonesia memiliki potensinya masing-masing. Alam yang indah  dan  jua kebudayaan serta kesenian setiap daerah tidak sama antara satu wilayah menggunakan wilayah lainnya.

Propinsi sulawesi barat sendiri memiliki kerajinan tangan yang menjadi potensi kuat bagi rakyat sulawesi barat inilah beberapa kerajinan tangan khas sulawesi barat yang menjadi potensi bertenaga bagi perkembangan budaya serta jua wisata:

1.Kerajinan marmer
Kerajinan marmer
Kerajinan marmer dapat mudah ditemui pada banyak sekali wilayah di sulawesi barat. Kerajinan marmer adalah kerajinan yg memakai marmer menjadi bahan utamanya.

Kerajinan marmer ini memberikan rona baru dalam dunia kerajinan tangan pada indonesia, karena semakin terkenal serta semakin beragam bentuk yg didapatkan para pengajin marmer pada indonesia, mulai berasal yg berbentuk bulat, kotak dan  poly lagi bentuknya.

Kerajinan marmer semakin lengkap saja, guna  kali ini  bahkan kerajinan marmer sudah banyak digunakan di hotel-hotel atau villa sebagai peralatan yang sangat rupawan buat memberikan kesan glamor kepada para pengunjung hotel.

Kerajinan marmer ini banyak digunakan di hotel, villa, sebutlah untuk perlengkapan kamar mandi, seperti kawasan untuk sikat gigi, terbuat berasal marmer, kawasan sabun, serta lainnya.

Bentuknya yang unik dan  terlihat glamor menarik wisatwan untuk memebeli  kerajinan marmer spesial   sulawesi barat ini sebagai oleh-sang yang patut untuk dibawa kembali. Pakaian tata cara sulawesi barat mampu dijadikan sebagai info tambahan.

2. Sarung tenun sutra dari mandar
Sarung tenun sutra dari mandar
Menenun merupakan keliru satu budaya indonesia. Keliru satu kerajinan tangan yg terdapat pada polewali mandar merupakan lipaq saqbe atau jua dikenal dengan nama sarung tenun sutera dari mandar.

Kain tentun sarung tersebut memiliki ciir yg khas berupa menggunakan warna yg jelas serta cerah. Rona yang biasa digunakan mirip contohnya kuning serta merah. Desian yang dimilikinya berupa garis geometri lebar.

Terdapat banyak pola sederhana lainnya, namun benang emas serta benang perak yg merupakan bahan dasar untuk menghasilkan kain sutra tesebut membuatnya menjadi semakin kelihatan  dan  latif.

Kain sutra tadi bukan lah kain sutra biasa yg mana bisa digunakan pada berbagai kegiatan sehari-hari. Namun kain tersebut serupa kain ulos, yg artinya klhas berasal suku batak yang ada di sumatera utara dimana hanya boleh guna digunakan di program-program yg tertentu.

Sarung tadi hanya bisa dipergunakan pada acara-program serupa contohnya acara nikahan, upacara adat, keagamaan sertya bisanya dipergunakan guna dipakai saat solat jumat ke masjid. Lipaq saqbe sendiri memiliki dua motif berbeda, ke 2 motif tadi merupakan bunga dan  sure. Indera musik tradisional sulawesi barat mampu dijadikan menjadi berita tambahan.

3. Tenun mamasa
Tenun mamasa
Mamasa adalah salh satu daerah pada sulawesi bara yang populer sjak usang menjadi Produsen kain tenun yg cukup baik kualitasnya. Uniknya, masyarakat mamasa mempertahankan cara antik guna membuat kain tenun spesial   daerah mereka. Keliru satu metode tersebut ialah teknik mengepang, dan  tenun kartu atau pallawa.

Karena kini   kain tenun latif sintesis tangan mereka telah dijual ke berbagai belahan global dan  ternyata pula disukai sang rakyat mancanegara.

4. Tenun ikat sekomandi
Tenun ikat sekomandi
Kalumpang artinya galat satu daerah di sulawesi bart yg terkenal menggunakan tenun ikat sekomandi. Sekomandi dari dari 2 kata, yaitu “seko” yang berarti persaudaraan atau kekeluargaan atau rumpun keluarga, serta “mandi'” yg berarti kuat atau erat. Sehingga sekomandi’ dapat dimaknai menjadi “ikatan persaudaraan atau kekeluargaan yang bertenaga serta erat”.

Termin pembuatan kain tenun sekomandi pada dasarnya terbagi sebagai tiga, yakni pemintalan, pewarnaan benang, dan  penenunan, sehingga proses berasal awal hingga sebagai sebuah kain tenun umumnya akan memakan saat yg relatif lama  .

Seluruh proses pengerjaan tenun sekomandi, dari pembuatan benang sampai menenun kain, dikerjakan dengan tangan dan  memakai alat-indera tradisional.

Buat membentuk motif eksklusif, oleh penenun sebelumnya tidak menyebarkan pola atau sketsa pada benang yang diikat di katadan (sebuah indera yg dipergunakan untuk menunda benang di saat diikat supaya rapi).

Motif – motif yg dibuat oleh penenun ini memiliki jenis dan  makna tersendiri. Diantaranya terdapat motif ba’ba diata, lele sepu ulu karua lepo, ulu karua barinni pori dappu, tosso’ balekoan, tonoling, serta motif toboalang.

Umumnya, motif-motif ini ditampilkan menggunakan rona yg cenderung tegas sekaligus kalem menggunakan memadukan warna jingga, merah, coklat, hijau, krem, serta kuning.

Tenun sekomandi juga diwarnai menggunakan pewarna alam, yakni menggunakan bahan-bahan dari aneka macam jenis tumbuhan, seperti jahe, lengkuas, cabe, kapur sirih, laos, kemiri, juga beragam dedaunan, akar pohon, dan  kulit kayu.

Itulah beberapa kerajinan tangan khas dari sulawesi barat. Unik, glamor dan  berharga budaya, kerajinan tangan teersebut tealh menjadi icon asal sulawesi barat yg akan menarik para wisatawan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel