Kerajinan Tangan Berasal Dari Kalimantan Tengah dan Keterangannya

Kerajinan Tangan Berasal Dari Kalimantan Tengah dan Keterangannya.Kalimantan tengah merupakan galat satu daerah indonesia yg masih banyak didominasi sang hutan lindung dan  pula tempat perlindungan. Populer menggunakan keindahan dan  kekayaan alam yang melimpah, provinsi yg mempunyai bunda kota palangkaraya ini poly menarik para wisatawan indonesia maupun maanca negara.

Selain memiliki daya pikat alamnya yang indah , Kalimantan tengah jua mempunyai banyak sekali macam kerajinan tangan berasal para pengrajin lokal yg tak kalah menariknya. Berikut adalah beberapa karya kerajinan tangan khas Borneo tengah diantaranya :

1. Rambat

Kerajinan tangan yg masih asing oleh para wisatawan adalah rambat. Rambat artinya jenis kerajinan tangan khas asal Borneo atau Kalimantan tengah yang berasal dari rotan dan menggunakan dua varian rona atau warna yaitu coklat muda dan  hitam tua.

Kerajinan Tangan

Warna coklat belia yang didapatkan artinya warna rotan yang telah dikeringkan sedangkan warna hitam dihasilkan dari perendaman rotan yang sudah dihaluskan kedalam lumpur selama beberapa hari.Rambat merupakan kerajinan tangan menyerupai tas fungsinya buat membawa barang barang yang cukup enteng. Oleh sebab itu sangat pas guna dijadikan oleh-oleh. Kerajinan yang berasal dari Kalimantan tengah ini bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh tambahan.

2. Lanjung

Lanjung merupakan salah satu cindramata tradisioanal yang biasanya digunakan para penduduk lokal untuk membawa hasil panen. Lanjung terbuat berasal dari rotan yang telah diraut tipis serta ada juga rotan yang dibelah menjadi dua bagian dan tempat duduk lanjungnya ditanah,fungsi inilah yang akan memiliki fungsi yang sama.

Kerajinan Tangan

Tidak sama dengan rambat, lanjung hanya menggunakan warna coklat belia sebagai warna nya sebab memang lanjung tidak seperti rambat yang mampu dibawa ke sebuah pertemuan atau acara, lanjung biasanya digunakan menjadi wadah padi ketika daerah tersebut sedang panen padi,atau bisa juga untuk membawa sayur, atau buah.

3. Tikar kajang

Kerajinan Tangan

Tikar kajang merupakan kerajinan tangan yang masih tidak begitu terkenal yang berasal Kalimantan tengah. Tikar kajang adalah anyaman yang terbuat yang berasal dari tumbuhan air yang daunnya menyerupai daun pandan namun daunnya keras dan  berduri.Kajang umumnya dipergunakan menjadi alas yang digunakan oleh suku dayak pada rumah mereka, biasanya juga mereka gunakan menjadi alas buat menjemur padi.

4. Seni kerajinan ukir

Suku dayak ialah merupakan satu suku yang paling mendominasi pada kalimaantan tengah. Ukiran suku dayak sangat terkenal sebab keetnikannya.Seni kerajinan ukir yang berasal dari Borneo tengah mempunyai corak spesial   dan  unik. Hal ini bisa dipandang dari topeng, perisai, bangunan sandung (tempat menyimpan tulang belulang), hulu dan  sarung mandau, patung sapundu serta lain-lain.

Kerajinan Tangan

Pola-pola dan  motif-motif yang biasanya digunakan oleh suku dayak terinspirasi secara keseluruhan berasal alam. Hal ini disebabkan sebab kehidupan suku dayak sangat bergantung dan  dekat dengan alam. Sebagai akibatnya rupanya hal tadi pula menghipnotis keseniannya, khusus pada hal ini artinya seni rupa.

Bisa kita lihat bahwa pola suku dayak memiliki bentuk yg dinamis, berupa bentuk-bentuk yg asimetris, zig-zag, atau gelombang-gelombang spiral. Hal ini mengindikasikan kehidupan warga  suku dayak yg sangat aktif mengelola hayati mereka, namun permanen menggunakan wawasan alam.

5. Pernak-pernik suku dayak Kalimantan tengah

Kerajinan Tangan

Selain tabrakan dari suku dayak, banyak sekali macam pernak-pernik suku dayak pula sangat menarik. Mulai dari aksesoris mungil seperti gantungan kunci, dompet, cincin, kalung, hingga yang berukuran akbar mirip tas mampu kamu temukan menggunakan mudah diberbagai sentra oleh-sang di kota palangkaraya.

6. Batik benang bintik

Benang bintik ialah batik Borneo tengah mempunyai arti: “benang” pada bahasa setempat ialah helaian kain putih. Sedangkan “bintik” memiliki arti desain atau gambar yang terdapat di atas helaian kain.Karakteristik spesial   batik benang bintik ini terletak pada jenis motif melambangkan kebudayaan suku dayak. Motif pada batik Kalimantan tengah terpengaruh oleh kepercayaan  suku dayak yg disebut kaharingan.

Kerajinan Tangan

Motif-motif yang dituangkan pada kain batik diambil dari lukisan-lukisan atau goresan-gesekan yg biasa dipergunakan sang rakyat dayak zaman dahulu dalam berbagai ritual atau upacara adat.Di batik benang titik pola batang garing adalah pola yang paling banyak didesain serta juga paling poly diminati pembeli karena mencerminkan kekhasan batik benang bintik,

Itulah tadi beberapa kerajinan tangan khas berasal Kalimantan tengah yang menggunakan nilai kebudayaan suku setempat. Unik, otentik, dan  rupawan kerajianan berasal Kalimantan ini mampu dijadikan cindramata dan juga bisa anda bawa pulang yaitu sebagai oleh-oleh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel