Kerajinan Tangan Asal Bengkulu Serta Penjelasannya

Kerajinan Tangan Asal Bengkulu Serta Penjelasannya.Bengkulu sangat terkenal dengan bunga raflesia yang sangat langka serta alamnya yang sangat indah sehingga bengkulu menjadi tempat tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan indonesia juga mancanegara.

Bengkulu tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya saja, tetapi juga berbagai macam kerajinan tangan spesial yang begitu unik dan  tidak kalah bagusnya dengan jerajinan tangan asal daerah lainnya. Memiliki banyak kekayaan alam, penduduk lokal begitu banyak memanfaatkan bahan-bahan asal alam menjadi mata pencaharian mereka dengan membuat aneka macam kerajianan tangan. Inilah beberapa kerajinan tangan yang spesial dari bengkulu yang harus anda diketahui :

1. Kerajinan dari kulit lantung
Kerajinan dari kulit lantung
Salah  satu cenderamata spesial bengkulu yang sangat unik dan sangat menarik adalah cenderamata yang terbuat dari kulit lantung. Kulit lantung ialah kulit kayu yang sudah dijadikan lembaran-lembaran mirip seperti kertas, tetapi mempunyai tekstur yang sedikit kasar serta berserabut. Yang bentuk spesial dari kerajinan ini adalah karena kerajinan kulit lantung hanya bisa didapatkan didaerah bengkulu saja.

Kulit lantung dapat dijadikan berbagai jenis kerajinan mulai dari miniature bangunan tabot yang menjadi icon kebanggaan kota bengkulu, terdiri dari gantungan kunci, bingkai fhoto, celengan, dan  lain sebagainya.

Uniknya kerajinan ini dihiasi dengan lukisan-lukisan bunga rafflesia arnoldi yang menjadi icon provinsi bengkulu, sehingga kerajinan berasal kulit lantung ini sangat menarik serta mempunyai nilai seni yang tinggi. Kerajinan kulit lantung sangat praktis ditemukan karena sangat banyak sekali ditawarkan di gerai-gerai yang terdapat di kota bengkulu.

2.Kain batik besurek
Kain batik besurek
Kerajinan tangan yang didapatkan oleh rakyat bengkulu yang sangat terkenal ialah kain batik besurek. Besurek pada bahasa bengkulu memiliki arti yaitu bersurat. Batik ini dinamai besurek karena sebagian motifnya yang dibuat asal paduan kaligrafi arab menggunakan huruf asli bengkulu yaitu kaganga.

Batik ini bisa menjadi oleh-oleh khas bengkulu. Batik besurek bengkulu sudah sangat terkenal di indonesia. Tidak kalah dengan kain batik yang berasal dari wilayah indonesia lainnya, kualitas yang cantik membentuk batik khas bengkulu ini banyak dicari.Kain batik besurek bengkulu dihasilkan murni dengan tangan bukan dicetak memakai mesin, sering diklaim dengan batik tangan. Selain coraknya yangg spesial   menggunakan motif bunga rafflesia yang hanya ada di provinsi bengkulu.

Sehingga membuahkan batik tulis bengkulu menjadi sangat menarik ketika dikenakan. Kain batik besurek bengkulu juga sangat praktis untuk dihasilkan digerai-gerai sang-sang yang ada di bengkulu. Ciri khas batik bengkulu mampu anda jadikan sebagai info tambahan dari kerajinan tangan anak bangsa.

3. Miniatur dol (alat musik khas bengkulu)
Miniatur dol (alat musik khas bengkulu)
Dol merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari bengkulu. Jika dipandang sepintas bentuknya, dol sepintas terlihat mirip dengan perkusi, yang membuatnya tidak sama yaitu suara yang dihasilkannya.

Dol terbuat berasal kayu atau bonggol kelapa besar dan  juga kuat. Bentuk aslinya relative sangat besar, tetapi Jika ingin dibawa anda menginginkan untuk dibawa pulang , tersedia juga miniatur dol yang ukuran lebih mungil dan praktis.

4. Kerajinan bambu
Kerajinan bambu
Kerajinan berasal bambu merupakan oleh-oleh lainnya yang bisa dibawa pulang ketika anda sedang berada dibengkulu. Bahannya berasal dari alam yaitu bambu dijadikan media penyalur kreativitas para pengrajin lokal bengkulu.Kerajinan yang terbuat dari bambu ini dapat dibentuk menjadi aneka macam macam bentuk dan macam-macam ukuran, seperti tutup saji, tirai, tikar, wadah beras, serta lain sebagainya.

5. Kerajinan tangan asal kayu
Kerajinan tangan asal kayu
Selain kerajinan yang terbuat dari bambu ada juga kerajinan yang berasal dari kayu, bengkulu juga banyak menghasilkan aneka macam macam kerajianan tangan yang berbahan dasar kayu yang tak kalah bagusnya. Para pengrajin lokal umumnya membuat banyak sekali macam bentuk ukiran kayu yang dapat dijadikan menjadi cindramata bagi para wisatawan.

Contohnya seperti, gantungan kunci, pernak-pernik, asbak, tempat untuk wadah tisu, serta lain sebagainya. Kualitas kayu dari bengkulu yang sangat baik menjadi nilai tambah dari kerajiana tangan ini.

Selain terkenal dengan alam yang latif dan  pula bunga raflesianya yang sangat langka, kerajinan tangan spesial bengkulu pula tak kalah populernya. Aneka macam macam kerajinan tangan tersebut mampu dijadikan menjadi kenang-kenangan untuk dibawa pulang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel